Tanggal Berapa Hijriah Hari Ini?

Jadi ceritanya saya terinspirasi oleh percakapan saya dengan seseorang.

“biba,besok puasa yuk!”
“oh.tanggal brp ya?”
“tanggal 13″
“bulan?”
“ga tau”

Percakapan serupa di waktu berbeda…

“biba,besok tanggal berapa?”
“tanggal … (menyebut tanggal masehi
“bukan,maksud aku hijriah”
“oh tanggal… (menyebut tanggal hijriah)
Saya sudah agak2 lupa persisnya gimana,tapi yang jelas teman saya tersebut hanya menanyakan tanggal. Ga sama bulan?enggak. Ga sekalian taun?enggak.

Ya mungkin dia tau bulan,cuma lupa tanggal aja.iya betul,mungkin sekali terjadi hal itu.makanya mari kita kesampingkan teman saya tersebut,dan beralih kepada satu situasi kurang baik yang terbayang di pikiran saya.

Kalau ada orang yang berbuat sama dengan teman saya itu?iya bagus,puasa ayyaumul bidh kan bagus.alhamdulillah.
Masalahnya kalau dia cuma peduli sama tanggal 13-15 aja,don’t bother to even know the complete date.buat saya itu….menyedihkan.

Kita beragama Islam,tapi sekedar mengingat kalender yang sudah jelas milik kita dan bebas dari syirik saja tidak.

Kasus lebih buruk muncul di kepala saya. Gimana kalau aktifis dakwah juga demikian?i should say,shame on you! Kalian ini diharapkan untuk mengembalikan peradaban Islam,tapi mengetahui penanggalan berbasis agam sendiri saja tidak tahu. Yah cuma kadang peduli untuk mencari tahu kapan itu tanggal 13. Bulan apa?tahun berapa? Ga tau.shame.

Kalender itu bagian dari peradaban. Salah satu ciri dari naiknya peradaban adalah ketika kalender kita digunakan. Dan sekarang kalender mana yang kita pakai? Kalender matahari buatan barat yang memberi nama hari dan bulan mereka berdasarkan dewa-dewa yunani. Syirik. Syirik itu dosa besar, dan sekarang kita terperangkap di dalamnya. Sedih kan?

Ah,ini kan masalah khilafiyah! Si beebob gimana sih?

Eits..masalah khilafiyah gimana? Khilafiyah tu kalau ada perbedaan pendapat,karena memang ushul fiqh kan ada banyak jenis. Lah kalau kalender apa ya berbeda-beda? Penanggalan milik orang Islam sudah jelas cuma satu, yaitu kalender hijriah. Buktinya, hari besar dalam Islam juga semuanya berdasarkan kalender hijriah. Puasa juga.

Ya memang belum memungkinkan untuk total berhijrah. Tapi selagi ada kesempatan untuk menggunakan,why not??

Jadi,hari ini tanggal berapa hijriah? ;-)

PS: semoga worst cases yang saya sebutkan di atas itu ga ada dalam dunia nyata ya…:-)

2 pemikiran pada “Tanggal Berapa Hijriah Hari Ini?

  1. kayane aku juga termasuk yg gak tahu tanggal hijriah… T_T. Baru nyadar kalender hijriah ketika akan masuk puasa, sya’ban atau dzulhijah… muharam kadang2…

    btw, diper-rapi bib ketikan e, kayak spasi, koma, atau tanda baca. Biar enak bacanya

Berikan Balasan

