Lebaran Kapan?

Selamat lebaran ya utk semua….

Ngomong2 soal lebaran,, buat yang ngerasa orang Indonesia pasti udah biasa dunk mengalami perbedaan hari raya. Tanpa disadari, perbedaan ini membuat kita jadi terpecah2. Betul ga sih? Cuz ada seorang teman yang ayah&ibunya yang solat ied di hari yang beda. Akhirnya dia&adik2nya bingung kan!
Keluarga besarku juga kadang gitu. beda2 hari lebarannya. Kalo udah gitu susah kan, apalagi kalo mau sungkem ato foto bareng!

Kalo lebaran tahun ini,, keluarga (inti:bapak-ibu-anak)ku punya cerita yg cukup unik.Gini nih ceritanya…

Sudah menjadi kebiasaan buat bapakku setiap tahunnya utk mencari sendiri berita2 tentang penentuan 1 syawal atau 10 dzulhijah di seluruh dunia. Kenapa? Kata bapak, seharusnya kalo sudah ada satu orang (saja) yang melihat hilal maka hari itulah lebaran di seluruh dunia. Lagipula, orang yang melihat hilal itu sudah disumpah utk tidak berbohong, jadi ya ga diragukan lagi kebenarannya.
Dulu aq pernah tanya “Bapak, bukannya selisih waktu Indonesia sm Makkah  4 jam? Kenapa kita ikut sana?”
Bapak bilang ” Selisih waktu itu berdasarkan matahari, sedangkan penentuan syawal itu kan berdasarkan bulan. jadi ya tidak bisa dunk disamakan dgn itu.”
oooo…………………

Nah, dari hari senin (8/10) kemarin bapak sudah memerintahkan aq utk mencari berita di internet. Sekaligus mencari gambar bulan (maksudnya bulan sdh sampe mana gitu,,kan ada tuh websitenya). Aq yang waktu itu lagi aras2en (ogah2an) ya asal aja cari di internet. Websit e pertama yang aq temui mengatakan lebaran tgl 12 oktober. Wah,, aq yg seneng langsung deh bilang bapak kalo lebaran tgl 12.
Bapak, waktu itu belum bilang apa2 sih. Tapi dengan yakinnya aq mengatakan bahwa keluargaku lebaran tgl 12!! Om, pembantu, temen, yang biasa ‘nurut’ sama bapakku langsung aq kabari, kalo kami lebaran tgl 12.

Hari Senin,selasa,Rabu,,, bapak masih belum bisa memastikan. Beliau masih terus menyuruhku mencari kabar.Aq (yang pengen lebaran tgl 12) terus2 bilang kalo tgl 12. Ya mank ada sih web yang menuliskan tgl 13,, tapi cuma sedikit.

Sampe akhirnya Kamis pagi,
Di rumah,, (bapak lagi nggak dirumah)adik2ku udah pada seneng kalo lebaran tgl 12. Ibuku mungkin seneng juga kali yah,cuz ga da pembantu di rumah. beliau repot sekalee…
sampe2,,waktu saur si dieni (adikku,usia 10thn) bilang “Ini, saur terakhir ya. yes!” .
trus ibuku waktu bangunin hakim (adikku,usia 8thn) bilang “adek ayo bangun,,ini saur terakhir..masa mau ga puasa?”
Kemudian, jarum jam menunjukkan pukul 5 pagi. Bapak telp. Mencariku yang siap2 mau tidur.(huehehehe…).begini kira2 percakapan kami

Biba (B) : “huaaam,,,,,lam lekom..”
Bapak(Bp): “waalaikumsalm warahmatullah..Biba, biba kemarin bilang kalo di internet tgl 12    ya 1 sywalnya?Tadi malam bapak browse sendiri di ineternet, tapi bapak menemukan kalo 1 syawal itu tgl 13 oktober. Ada gambar posisi bulannya koq. Jelas sekali keliatan kalo tgl 12 itu bulan masih jauh, belum terlihat dari Amrik Utara. Jadi darimana biba dapat tgl 12 itu? Apa ada gambarnya?”
B        : (waduh, piye iki?) “ng,, yaa..yang biba liat itu. ya ga ada gambarnya sih.”
Bp      : ” Ya ini, ternyata posisi bulan masih seperti itu. Untung bapak tadi malam menyempatkan utk browsing sendiri”
B        : (merasa bersalah) “y-ya,,,berarti kita lebaran tgl 13?”
Bp      : “Ya iya!”

percakapan selanjutnya,,urusan keluarga!hehehe…
yang jelas,,aq langsung memberi pengumuman pada orang2 rumah. Lebaran hari sabtu! Besok kita masih puasa!

Karena lebaran hari sabtu pula,,hari (kamis) itu juga kami memutuskan utk langsung “mengungsi” ke rumah mbah di ungaran,,karena masjid depan rumah mengadakan solat ied hari jumat(tgl 12). Ga enak lah,,kalo kami ga ikut. jadi mending pergi aja!

Hari Jumat pagi,,
kami sekeluarga masih saur. di rumah mbah. eh,,aq nggak saur denk,,cuma minum aja. habis,,males makan!
Sekitar pukul 04.30 pagi,,setelah jamaah subuh. Ibuku mendapat sms dari ustadz Ainul kalo di Mekkah udah terlihat hilal!!! Jadi hari ini LEBARAN!!
Adik2ku yang semangat,, ga ada yg tidur. nunggu bapak pulang dari masjid,, ngasih tau kalo di makkah udah terlihat hilal. Ditunggu2,,,akhirnya bapak pulang dair masjid jam 5 pagi. Ifah (adikku,13thn) langsung ngasih tau bapak kalo ustadz Ainul tadi telp.bla..bla..bla…
seketika itu juga bapak bilang  ” Ya udah, kita pulang sekarang. Siap2, nanti kita solat ied di depan rumah”

Huwaaaaaaaaa………………aq langsung bangun. Beres2…kami langsung pulang…jam 6.30 sudah siap di depan rumah utk solat ied. Akhirnya,,kami solat hari jumat.

eh ni,,slh satu situs yg diliat bapak&aq!mungkin bisa jd bahan rujukan…
http://www.site.hilalsighting.org/content/view/15/28/
http://www.rabiah.com/convert/
http://www.starlight.demon.co.uk/mooncalc/

2 pemikiran pada “Lebaran Kapan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s