don’t judge someone by the current affair!!

seorang teman tiba2 berkata seperti ini,”ih.aq jijik banged sama marcella.tindakannya itu loh,,bener2..”
teman lainnya langsung menanggapi dengan pernyataan serupa,”iya.aq ga nyangka dia kayak gitu..” bla,bla,bla.
“mm,,mending jgn langsung blg kaya gitu de.aq rasa kog qta ga berhak ya ngomong gitu.qta kan orang luar yg ga tau apa2”
tukasku.
“ah,tapi udah jelas kog…bla bla bla”
aq cuma diem.
pantaskah kita benci,kecewa,atau jijik sama seseorang saat kita hanya mendengar berita buruk tentangnya?
tanpa tau masalah sebenarnya dari yang bersangkutan,tanpa berniat konfirmasi atau apa.hanya mendengar kabar buruk dari orang lain, dan kita langsung aja men-judge dia “BAD” dan mengeluarkan pernyataan bahwa qta benci dia,qta ga suka dia.pantaskah?
seperti saat kita mendengar kabar bahwa pelaku pengeboman bom Bali adalah amrozi,yang merupakan seorang muslim. banyaak bgd orang islam yg langsung menyalahkan dia,benci dia,minta agar dia secepatnya dihukum mati.
aq inget banget waktu itu bapakku bilang,”berhati2lah untuk mengecap saudara kita sendiri sebagai teroris,atau yang lebih buruk. karna bisa jadi itu emang yang diinginkan sama amrik.kita terpecah belah dan saling menyalahkan antar sesama muslim. amrozi mungkin memang pelakunya,,tapi niatan dia itu untuk berjihad dan dia hanya tau bahwa itu cara yang benar. amrik mempengaruhi dia,klo mo jihad ya ngebom aja.dia terpengaruh,dan jadilah.”
ga usah jauh2,,dalam kehidupan sehari2 aja qta sering melakukan hal itu.denger hal buruk tentang seorang teman,kmudian berkomentar “masa sih??aq ga nyangka dia kaya gitu.ternyta…” dan kemudian qta memutuskan untuk menjauhi dia.
klo emang denger sndiri dari orang yg bersangkutan,terserahlah mo menilai apa.toh emang qta udah tau yg sebenernya. tapi klo cuma denger dari orang lain?
inget kata Ali bin Abi Thalib,“cukuplah seseorang dikatakan pembohong apabila dia telah menybarkan berita tanpa konfirmasi ke orang yang bersangkutan”.nah lo.apa sumber berita kita itu udah konfirmasi dulu?apakah kita juga ikut menybarkan berita tanpa konfirmasi?
pernahkah merasakan hal yang serupa?semua orang men-judge kita sebagai seseorang yang buruk, dan ga ada yang mau berteman dengan qta hanya karna satu orang yang benci sm qta dan kemudian menyebarkan berita ga bener tentang qta??
aq pernah.sakit banget rasanya.
dan ga hanya sekali.beberapa waktu lalu aq terlibat dalam sebuah masalah,dan aq berada dalam posisi yang salah.aq akui juga,aq ga 100% benar waktu itu.but still,,i was really disappointed with people who’s only put their blame on me without knowing what the real fact was.
aq ga minta pembenaran,atau pembelaan. tapi dengerin dulu omonganku,,,setelah itu terserah kalian mau bilang apa!!
beruntung,masih banyak yang percaya sama saya dan jadi pendukung di belakang saya.
nah.dulu waktu SMP aq sering banget ngomongin temen yang aq ga suka dan aq ini punya pengaruh ckp bsar di antara tmen2,,jd udh brp banyak ya yg kna pengaruhku??
sekarang aq udah tau rasanya jadi korban,dan aq ga mau membuat orang lain merasakan hal yang sama. semoga kalian juga. qta saling mengingatkan yaa…

Satu pemikiran pada “don’t judge someone by the current affair!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s