Ilmu Saya Banyak!

Di tahun ketiga saya berkuliah di dua universitas berbeda, saya masih saja mendapatkan beberapa pertanyaan senada

  1. Kenapa ga kuliah di kedokteran? à biasa ditanyakan oleh orang yang mengenal orangtua saya
  2. Kenapa ga kuliah di teknik? à biasa ditanyakan oleh orang yang sering meminta tolong saya dalam urusan computer, dan tahu bahwa saya sempat berkuliah di teknik informatika
  3. Kenapa ga kuliah di sastra atau jurnalistik? à biasa ditanyakan oleh orang yang pernah melihat koleksi buku sastra saya, atau orang yang tau keaktifan saya di bidang jurnalistik

Sebaliknya, seumur hidup saya sebelum saya memulai studi di IIUM tidak pernah sekalipun ada orang yang bertanya “Kenapa ga kuliah di ekonomi?” . intinya, bidang yang saat ini saya ambil memang diluar perkiraan semua orang, termasuk saya sendiri. Hahaha…

Well, saya sama sekali tidak ada minat dalam dunia kedokteran. Itu udah mutlak. Sekalipun kedua orangtua saya adalah dokter, kebanyakan dari teman saya juga calon dokter, dan saya cukup tahu seluk-beluk dunia kedokteran itu seperti apa. Orangtua juga mempersilakan saya untuk mengambil jurusan apapun selama itu bermanfaat untuk dakwah.

I indeed like journalistic and science thingy. Tapi saya sendiri juga yang memilih fakultas ekonomi. Karena saya tahu bahwa dari dasar lubuk hati terdalam, bapak saya menginginkan putri pertamanya ini jadi ekonom. Eits, jangan membayangkan bapak saya seperti bapak-bapak dalam drama di novel yang memaksa anaknya untuk kuliah di jurusan tertentu ya. Beliau sama sekali tidak seperti itu. Saya sendiri kog yang ingin menyenangkan beliau, sekalipun pengatahuan saya mengenai ilmu ini sedikit sekali. Saya sendiri pun waktu itu tidak tahu apakah memang ada rasa ketertarikan kesini.

Tidak harus kuliah di teknik atau di sastra kan untuk menekuni hobi saya? Saya malah saat ini merasa sangat bersyukur bisa kuliah di fakultas ini. Sepertinya memang inilah jalan untuk meraih cita-cita kami (saya dan orangtua). Jurnalistik masih jalan, lewat koran kampus. Sastra masih jalan, lewat library,kinokuniya dan internet. Computer? Paling enggak saya masih tau ngutak-atik laptop saya sendiri kalo lagi ga bener.

Ekonomi-sastra-jurnalistik-komputer. Ilmu saya banyak sekali, Alhamdulillah.🙂

3 pemikiran pada “Ilmu Saya Banyak!

Tinggalkan Balasan

